Alhamdulillah, pada hari Senin 19 September 2011 dari Dinas Pendidikan Kab. Pamekasan mengadakan Pembinaan dan Sosialisasi ke SMPN 2 Pademawu yang diwakili Ibu Halimatus Sakdiyah, beliau menerangkan sekilas tentang PAMEKASAN THE TRUE REGENCY OF EDUCATION termasuk target program peningkatan mutu sekolah diantaranya:
2. Memiliki prestasi belajar eksternal optimal
3. Banyak hasil kreativitas siswa
4. Berakhlaq mulia (terutamajujur dan disiplin dan berkepribadian belajar
5. Mampu baca al-qur’an, beribadah,berakhlaq
6. Mampu berbahasa Inggris
INSTRUMEN SUPERVISI PENGEMBANGAN MUTU SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
PAMEKASAN THE TRUE REGENCY OF EDUCATION | |
1. Nilai ulangan /ujian siswa diatas 6 serta makin banyak yang mendapatkan 10 | 4. Berakhlaq mulia (terutamajujur dan disiplin dan berkepribadian belajar |
2. Memiliki prestasi belajar eksternal optimal | 5. Mampu baca al-qur’an, beribadah,berakhlaq |
3. Banyak hasil kreativitas siswa | 6. Mampu berbahasa Inggris |
- IDENTITAS, PERSONAL, DAN INFRASTRUKTUR SEKOLAH
NPS | | | |
a. Nama Sekolah/Kecamatan1 :
b. Jumlah siswa/Rombel :
c. Jumlah guru PNS :
d. Jumlah guru Non-PNS :
e. Perpustakaan :
f. Laboratorium :
g. Workshop :
h. Musholla :
i. Motto :
- KURIKULUM
a. Kurikulum : KTSP
b. Berorientasi pada kurikulum internasional internasional2 :
c. Kurikulum loka; yang arif : Bahasa Madura
d. Kegiatan unggulan yang dikembangkan3 :
- MANAJEMEN
a. Renja tahunan sekolah : Ada/tidak ada
b. Pembinaan guru kolektif rata-rata/semester : ………. kali
c. Pembinaan guru secara individual : ………. guru
d. Data 8 SNP : lengkap /belum lengkap
e. Memfungsikan TIM Peningkatan Mutu Pembelajaran : ya/belum
f. Evaluasi SNP akhir tahun dilaksanakan dalam rapat guru : Tanggal........
- PEMBELAJARAN
a. Intrakurikuler : PAKEM/BELUM PAKEM Disemua Kelas
b. Kokurikuler : Dilaksanakan /belum dilaksanakan di semua kelas seiap hari
c. Ekstrakurikuler : Dilaksanakan rutin seminggu ……….. kali/incidental
d. Pengembangan kreativitas 4 :
e. Mengembangkan baca tulis al-qur’an, ibada, dan akhlak : ya/belum
f. Merintis pengajaran berbahasa Inggris : ya/belum
- AKTIVITAS, PRESTASI, DAN KREATIVITAS BELAJAR
a. Kebiasaan belajar siswa di rumah
RATA-RATA JUMLAH HARI PERMINGGU | RATA-RATA JUMLAH JAM PERHARI | ||||||
0-1 | 2-3 | 4-5 | 6-7 | 0-0,5 JAM | 0,5-1,5 JAM | 1,5-3 JAM | >3 JAM |
% | % | % | % | % | % | % | % |
b. Prestasi belajar terakhir (pelajaran UN)
| TERENDAH | RERATA4 | TERTINGGI | JUMLAH SISWA BERNILAI 10 |
UH | | | | 1-10 siswa/lebih 10 siswa |
UTS | | | | 1-10 siswa/lebih 10 siswa |
UAS | | | | 1-10 siswa/lebih 10 siswa |
c. Prestasi eksternal tahun pelajaran 2010/2011 (jumlah siswa)
| KECAMATAN | KABUPATEN | PROVINSI/ INSTITUSI | NASIONAL | INTERNASIONAL |
AKADEMIK | | | | | |
NONAKADEMIK | | | | | |
d. Kreativitas belajar5
Dibuat tanggal September 2011
Mengetahui Kepala Sekolah
Pengawas Sekolah
KETERANGAN
v Pengisian Lengkap diharapkan tidak lebih 1 halaman folio
v Diasumsikan sekolah telah memeliki profil dan rencana pengembangan profil sekolah
v Pendataan dilakukan tiap tengah dan akhir semester
v Keterangan lain :
1. Khusus TK/SD
2. Jika ada tulis lembaga dan Negara referensi
3. Cantumkan maksimal 5 kegiatan yang paling prioritas
4. Tuliskan maksimal 5 macam program yang paling bernilai, misalnya :
Mengarang fiksi, karya tulis ilmiah, penelitian ilmiah, membuat kerajinan, membuat robotika, menciptakan alat elektronik, membuat aplikasi computer, mengarang lagu, menciptakan teknologi tepat guna, dsb.
5. Verifikasi nilai terendah pada pelajaran matematika kelas 2, prestasi lain sesuai pelajaran yang dicapai
6. Sampel 1 kelas reguler
7. Tuliskan maksimal 5 hasil yang paling bernilai
- Prosedur Pelaksanaan
PAMEKASAN
THE TRUE REGENCY OF EDUCATION
DIPRESENTASIKAN PADA RAPAT TIM PENGENDALI PENDIDIKAN KABUPATEN
DI RUANG VIP RM ANDAYANI, KAMIS, 07 JULI 2011
PROGRAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (PPMP)
KABUPATEN PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012
| | | | | TARGET OUTPUT | | | | ||||
| | | | | 1. Nilai ulangan/ujian siswa di atas 6 & makin banyak yang mendapat 10 2. Memiliki prestasi belajar eksternal setinggi-tingginya 3. Banyak hasil kreativitas siswa | | | | ||||
4. Berakhlaq mulia (terutama jujur dan disiplin) dan berkepribadian belajar | ||||||||||||
5. Mampu baca tulis Al-Quran dan praktik ibadah pokok 6. Mampu berbahasa Inggris | ||||||||||||
| | | | | | | | | | | ||
| | A. KURIKULUM | | B. MANAJEMEN | | C. PENGAJARAN | | D. BELAJAR | ||||
SEKOLAH | 1. Berorientasi pada kurikulum internasional dan budaya lokal yang arif 2. Kegiatan unggul kompetitif 3. Pengembangan kreativitas dan kepribadian 4. Baca tulis Al-Quran, praktik ibadah pokok, dan akhlaq mulia | | 1. Memiliki a. RKJM b. RKT c. Profil sekolah d. Rencana pengembangan profil sekolah e. RAPBS f. Aturan-aturan sekolah 2. Melaksanakan pembinaan secara intens dan iklim yang merangsang aktualisasi kerja guru dan teradministrasi 3. Merealisasi MBS 4. Menambah kriteria naik kelas/lulus : a. Baca tulis Al-Quran, praktik ibadah pokok, dan akhlaq b. Kreativitas (raport tersendiri) 5. Memiliki data aktivitas belajar dan kepribadian (BK) 6. Membentuk Tim Peningkatan Mutu Sekolah 7. Menjalin kerja sama internasional 8. Memantapkan pendataan 9. Melaksanakan evaluasi terhadap system sekolah | | 1. Melaksanakan pengajaran (4 item kurikulum) secara akseleratif, kreatif, menyenangkan (PAKEM) melalui intra, ko, dan ekstrakurikuler serta evaluasi secara utuh dan TERPOLA 2. Melaksanakan secara TERPOLA a. Pendidikan kreativitas b. Pengembangan kebiasaan belajar c. Pendidikan kepribadian 3. Membina OSN, O2SN, FLSN, dan sejenis secara TERPOLA 4. Menggunakan bilingual secara TERPOLA (semua sekolah didorong memiliki kelompok siswa mampu berbahasa Inggris) 5. Melaksanakan pendidikan baca tulis Al-Quran, praktik ibadah pokok, dan akhlaq mulia | | SEMUA SISWA : 1. Belajar tiap hari secara TERPOLA dengan a. Waktu maksimal b. Menggunakan strategi belajar unggul/aksele ra tif/kreatif c. Ikut kursus-kursus 2. Mempelajari buku secara tuntas dalam jumlah maksimal 3. Terlibat dalam penciptaan kreativitas 4. Mengikuti olimpiade/lom ba sebanyak-banyaknya 5. Mengikuti pembelajaran berbahasa Inggris 6. Mengikuti gerakan budaya belajar (GBB) 7. Mengikuti semua prog ram dan aturan sekolah | |||||
DISDIK | 1. Terwujud kerja sama dengan sekolah, lembaga kursus, penyeleng gara olimpiade internasional, dan NGO pendidikan 2. Sosialisasi kurikulum kreativitas dan kribadian 3. Sosialisasi kurikulum baca tulis Al-Quran dan praktik ibadah pokok 4. Sosialisasi kurikulum Akhlaq | | A. KELEMBAGAAN 1. Updating data profil pendidikan Kab. Pamekasan 2. Sosialisasi peraturan perundangan pendidikan 3. Pembangunan RSBI Lada 4. Pemberian reward inovasi pendidikan (sosialisasi sejak awal) 5. Hardiknas 6. Ada sekolah unggul di tiap kecamatan 7. Ada TK Negeri di tiap kecamatan 8. Fasilitasi kerja sama dengan sekolah, lembaga kursus, olimpiade nasional & internasional, serta NGO pendidikan 9. Institusionalisasi berbahasa Inggris (di semua sekolah dan Dinas) serta inovasi-inovasi 10. Tindak lanjut Galaksi : a. sosialisasi merata b. Surat ke mendiknas c. Kegiatan yang lebih kreatif dan kolosal 11. Memiliki Standar Pelayanan Publik Disdik 12. Menyediakan website B. KONTROL/PENGENDALIAN 13. Kendali mutu pendidikan (termasuk instrument monitoring Pakem) 14. Peningkatan kompetensi pengawas sekolah 15. Laporan dan pembinaan berkala kinerja personal sekolah & Disdik 16. Rapat 2 bulan dengan Bupati + Progress Report 17. Rapat bulanan Tim Peningkatan Mutu Pendidikan (TPMP) 18. Laporan kompetensi baca tulis Al-Quran dan praktik ibadah pokok 19. Supervisi khusus program berbahasa Inggris, kreativitas, dan akhlaq mulia C. PENGEMBANGAN KARIER 20. Penilaian kinerja/mutasi kasek 21. Peningkatan Honor GTT 22. Penyelenggaran pemilihan guru ideal dari awal 23. Seleksi cakasek dan tender kontrak kerja calon Kasek 24. Pemerataan guru semua tingkat | | 1. Pengembangan kinerja MGMP (termasuk sosialisasi kuriku lum akselerasi, kreativitas, dan pengembangan kepribadian -PAKEM) 2. Pengembangan kinerja MGBK (termasuk sosialisasi kuriku lum akselerasi, kreativitas, dan pengembangan kepribadian -PAKEM) 3. Pusdiksain 4. Pembinaan OSN jangka menengah LEBIH TERPOLA | | 1. Melaksanakan OSN 2. Melaksanakan gerakan budaya belajar (GBB) | |||||
CATATAN :
1. SOSIALISASI DAN PEMBINAAN
a. PPMP merupakan bahan utama pembinaan terhadap sekolah terutama oleh Kadis, Sekdis, Kabid, Kacabdin, dan Pengawas Sekolah
b. Semua unsur Pembina pada poin 1 di atas hendaknya melakukan pembinaan secara terprogram yang dikoordinasi Sekdis (tertulis)
c. Pembinaan dijadwalkan 3 bulan sekali dimulai Juli 2011 disertai administrasi pelaksanaan pembinaan
2. PENGENDALIAN
a. Pengawas sekolah melakukan supervisi terhadap pelaksanaan dan hasil PPMP yang teradministrasi minimal sebulan sekali pada setiap sekolah
b. Terdapat koordinator pengendali pada kegiatan-kegiatan tertentu
3. TERPOLA berarti memiliki entitas yang jelas yang berelemen :
a. Utuh dalam perencanaan, memuat :
1) Target keluaran
2) Kondisi sekarang
3) Upaya-upaya mencapai target
4) Jaminan upaya itu mampu mencapai target
5) Jaminan upaya itu terlaksana
6) Penyediaan data hasil
b. Berkesinambungan dalam pelaksanaan
c. Menggunakan paradigma paedagogi dan manajemen
4. Setiap sekolah hendaknya memiliki motto
5. LAIN-LAIN
Kegiatan tambahan Dinas :
d. TS geser TK ke PLS
e. Tuntaskan regrouping SD
PROSEDUR PELAKSANAAN
PROGRAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
A. SOSIALISASI | | B. PELAKSANAAN | | C. PENGENDALIAN | | D. EVALUASI |
1. Mencakup semua program sekolah | | 1. Mengembangkan kecerdasan hati semua personal sebagai dasar melaksanakan tugas | | 1. Observasi dilakukan kasek dan Tim | | 1. Sasaran seluruh elemen pendidikan |
2. Beri penekanan pada program strategis & inovatif | | 2. Melaksanakan program dg tuntas sesuai jadwal | | 2. Minimal setiap tiga bulan | | 2. Pada tiap akhir semester |
3. Merata kepada semua personal sekolah | | 3. Melibatkan semua personal & fasilitas | | 3. Menindaklanjuti pembinaan | | 3. Dilaporkan tertulis kepada Dinas dalam bentuk profil atau lainnya |
4. Beri kopi program kepada semua personal sekolah | | 4. Menerbitkan aturan guna mengawal tegaknya pelaksanaan | | 4. Pembinaan kasuistik dilakukan dengan amat segera | | 4. Ditindaklanjuti dengan rencana peningkatan mutu |
5. Dilaksanakan minggu I/II awal tahun pelajaran | | 5. Mewujudkan perbaikan terus-menerus | | 5. Hasil observasi dan pembinaan teradministarasi | | |
6. Dinas melaksanakan sosialisasi kebijakan Pmkab | | 6. Dinas melaksanakan program integratif dengan sekolah | | 6. Dinas melaksanakan observasi dan pembinaan | | 5. Dinas melaksanakan evaluasi dan rencana peningkatan mutu |
0 komentar:
Posting Komentar
Sampaikan pesan dan kesan Anda